21 Desember 2010

Pamer Karya Tugas Studio

Hello, readers!

Apa kabar? Sehat?
Udah pada liburan belum? Gw udah dong. Hohoho...

So, kali ini gw mau pamer beberapa hasil tugas studio gw. Semester ini temanya Formalisme.

Harun, apa itu Formalisme?

Okay, buat mereka yang gak familiar sama dunia seni mungkin gak tau istilah itu. Formalisme adalah suatu gaya yang menekankan pada aspek bentuk (form) dari suatu karya seni. Formalisme gak bicara makna, simbol, atau tetekbengek lainnya. Formalisme adalah susunan unsur-unsur rupa seperti warna, garis, tekstur, dsb. Semua disusun di atas kanvas, menghasilkan komposisi yang indah.

Nah, karya gw dibuat dengan memakai pendekatan itu. Jadi, buat yang ngeliat, gak usah pusing-pusing mikirin 'ini artinya apa ya?' atau 'koq badan orang warnanya biru sama pink?', karena bukan begitu cara mengapresiasinya. Nikmati saja warnanya, teksturnya, garisnya, dan komposisnya, karena memang gak ada yang lain. Gak ada makna, gak da cerita, semuanya adalah komposisi unsur-unsur visual.

So, long story short, here we go:


"Composition No.2"
Mixed media on canvas, 90 x 90 cm


"Red Door"
Mixed media on canvas, 70 x 90 cm


Torso in Red and Blue
Mixed media on canvas, 80 x 120 cm


Itu tiga dari enam lukisan studio gw. Sengaja gw pilih yang paling gw suka. Tiga-tiganya dilukis di atas kanvas, pakai cat minyak dan oil pastel (crayon). Itu lukisannya lagi di-display di studio, pas penilaian.

So, what do you think? Feel free to mock me. B-)

See you in my next postingan!

5 komentar:

  1. eh bagus loh...
    karya yang ketiga gue liat kayak perut cowok ya. Agak-agak six pack gitu dan kurus soalnya tulang rusuknya keliatan banget (oke, mulai ngawur) hehe

    BalasHapus
  2. entah kenapa gw suka yg torso..haha
    :p

    BalasHapus
  3. kereenn! semester berapa bung? :)

    BalasHapus
  4. kereen gue suka yang pertama dan kedua hehehe

    BalasHapus
  5. warnanya run. masih belom dapet sih kalo buat gw. masih mentah.... sayang bgt.
    kadang2 lo mesti keluar dari zona nyaman lo.
    coba bikin warna yang gak ada dimana2....
    warna merah dan biru itu masih terlalu mirip dengan apa yang dijual oleh winsor newton.

    ayo! gw tunggu karya lo semester depan!

    BalasHapus

Komen yang banyak, gan!